Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

HIGHLIGHT

Pusataka Digital
Katam
PHSL
Juknis Pengendalian Ulat Bulu
E-Produk Litbang Pertania

Anda Pengunjung Ke

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday55
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week835
mod_vvisit_counterLast week812
mod_vvisit_counterThis month2441
mod_vvisit_counterLast month4767
mod_vvisit_counterAll days129417
Temu Lapang dan Diskusi Teknis Sistem Integrasi Sapi-Sawit Berbasis Mekanisasi Pertanian untuk Kemandirian Peternak dalam Rangka MP3MI di Provinsi Riau PDF Print E-mail
Info Aktual
Written by Yayu Zurriyati, S.Pt, M.Si   
Monday, 01 August 2011 00:00

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBPMEKTAN) Serpong, bersama-sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau menggagas acara temu lapang dan diskusi teknis sistem integrasi sapi sawit berbasis mekanisasi untuk kemandirian peternak dalam rangka mendukung program Litbang pertanian MP3MI (Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi). Acara temu lapang dilaksanakan pada tanggal 4 juli 2011, di Desa Buana Bhakti, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak yang dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Drh. Askardya Patrianov, MP; Kepala BPTP Riau, Dr. Ir. Ali Jamil, MP; Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Siak, Ir. Syahrin Rasbi; Kepala BBPMEKTAN, Dr. Astu Unadi; Kapuslitbangnak, Dr. Bess Tiesnamurti, Ka. BPTP Jambi, Ir. Endrizal, M.Sc;  Ka. BPTP Sumbar, Dr. Ir. M. Prama Yufdi, M.Sc; peneliti senior badan litbang pertanian (Prof. Kusumo Dwyanto, Dr. Handaka, Dr. Trip Alihamsyah, Prof. Abdullah Bamualim, Prof. I Wayan Mathius MS), Peneliti BPPT Dr. Haryanto, para peneliti dan perekayasa lingkup Badan litbang Pertanian, perwakilan PT. Asian Agri serta kelompok tani ternak di Kabupaten Siak.

Acara temu lapang diawali dengan kunjungan ke peternakan sapi “SONETA” dengan bahan pakan berbasis limbah sawit berupa pelepah, daun sawit dan lumpur sawit. Pada kesempatan tersebut juga diperagakan cara kerja mesin chopper hasil rakitan bengkel alsin setempat. Acara temu lapang dilanjutkan dengan diskusi dan demonstrasi alsin pembuat pakan hasil rakitan BBPMEKTAN di lahan peternakan kelompok tani ternak “SEHATI” yang dibuka dengan sambutan dari PEMDA setempat, kelompok tani dan Kepala Badan Litbang yang diwakili oleh  Dr. Ir. Astu Unadi, M. Eng. Dalam sambutannya  kepala Badan Litbang berharap agar kegiatan SITT nantinya dapat berkembang dengan baik sehingga mengurangi ketergantungan impor sapi dan daging sapi dari negara lain bahkan terbuka kemungkinan bagi Indonesia sebagai negara pensuplai daging sapi untuk negara lain ditinjau dari sumberdaya yang ada.

Demonstrasi alsin pembuat pakan berupa chopper, hammer mill dan mixer diperagakan oleh anggota kelompok tani SEHATI yang sebelumnya telah mendapat bimbingan dari perekayasa BBPMEKTAN. Mesin chopper yang diperagakan berkapasitas 600 kg/jam, yang berfungsi sebagai mesin pencacah daun dan pelepah sawit, mesin hammer mill berkapasitas 800 kg/jam yang berfungsi untuk menghancurkan bungkil inti sawit maupun biji-bijian lainnya dan mesin mixer berkapasitas 240 kg/jam yang berfungsi mencampur bahan pakan. Semua peserta temu lapang sangat antusias untuk mengetahui lebih detail tentang spesifikasi alsin pembuat pakan tersebut.

Acara diskusi lapang dilaksanakan setelah peragaan alsin pembuat pakan. Acara tanya jawab antara peserta temu lapang  dengan nara sumber yang terdiri dari peneliti senior lingkup badan litbang meliputi berbagai hal tentang pelaksanaan SITT dan saling berbagi pengalaman tentang kegiatan SITT di wilayah kerja masing-masing tersebut dipimpin oleh Kepala BPTP Riau. Acara temu lapang dan diskusi diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama.

Pelaksanaan Diskusi Teknis berlangsung pada tanggal 5 Juli 2011di Hotel Dian Graha, Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari temu lapang yang dilaksanakan sehari sebelumnya di Kabupaten Siak. Pada acara tersebut ditampilkan presentasi dari Prof. Dr. Kusumo Dwyanto (Puslitbang Peternakan, Badan Litbang Kementerian Pertanian),  Ir. Mursyid Ma’sum, M.Agr (Direktur Pakan Ternak Dirjen Peternakan, Kementerian Pertanian, Dr. Trip Alihamzah, M.Sc (Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian), Kepala Dinas Perkebunan Prov. Riau, Prof. Dr. I. Wayan Mathius (Puslitbang Peternakan) dan Dr. Ir. Astu Unadi, M. Eng (Kepala Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian).

Last Updated on Thursday, 15 September 2011 00:56
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com